Senin, 28 November 2016

Psikologi dan Internet

PSIKOTERAPI ONLINE



Psikoterapi Online
Psikoterapi adalah usaha penyembuhan untuk masalah yang berkaitan dengan pikiran, perasaan dan perilaku. Psikoterapi (Psychotherapy) berasal dari dua kata, yaitu "Psyche" yang artinya jiwa, pikiran atau mental dan "Therapy" yang artinya penyembuhan, pengobatan atau perawatan. Oleh karena itu, psikoterapi disebut juga dengan istilah terapi kejiwaan, terapi mental, atau terapi pikiran. Orang yang melakukan psikoterapi disebut Psikoterapis (Psychotherapist). Seorang psikoterapis bisa dari kalangan dokter, psikolog atau orang dari latar belakang apa saja yang mendalami ilmu psikologi dan mampu melakukan psikoterapi.
Psikoterapi merupakan proses interaksi formal antara dua pihak atau lebih, yaitu antara klien dengan psikoterapis yang bertujuan memperbaiki keadaan yang dikeluhkan klien. Seorang psikoterapis dengan pengetahuan dan ketrampilan psikologisnya akan membantu klien mengatasi keluhan secara profesional dan legal.
Dalam psikoterapi online pihak terapis dan pasien tidak bertemu secara langsung atau bertatap muka secara langsung karena mereka bertemu via internet seperti skype dan E-mail .

Psikoterapi Menggunakan Internet

1)  Pelayanan e-conseling ialah pelayanan Konseling online merupakan konseling melalui internet dengan cara merujuk pada profesi yang berkaitan dengan layanan kesehatan mental melalui teknologi internet. Konseling online bukanlah merupakan sebuah proses yang biasa, melainkan kompleks dengan sejumlah isu dan kriteria yang dimiliki setiap individu. Kemudian berkenaan dengan etika, masalah hukum, bisnis, dan sebagainya. Media konseling online ini bisa website, email, handphone, chat jejaring sosial, atau video call.
a.   Tahap persiapan yang mencakup aspek teknis penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung penyelenggaraan.
b.   Proses konseling, tahapan konseling ini tidak jauh berbeda dengan proses konseling face to face. Pada sesi konseling ini ditekankan pada terentasnya masalah klien dan dibandingkan dengan cara pendekatan, teknik, atau terapi yang akan digunakan.
c. Tahap terakhir yakni pasca konseling. Tahap ini merupakan tahap lanjutan dari tahap sebelumnya dimana setelah dilakukan penilaian maka konseling akan sukses dengan ditandai kondisi klien yang efektif
2)   Aplikasi Psikotest Karier berbasis web ialah tes psikologi yang dapat menilai karakter seseorang dan mengetahui seberapa besar keyakinan seseorang dalam mengambil sebuah keputusan.
3)   Self help web based theraupetic intervention ialah layanan konseling berbasis internet. Penelitian menunjukan bahwa bentuk intervensi ini efektif untuk mengatasi masalah depresi dan stress yang terkait dengan kejenuhan.

Kelebihan  :
1.  Dapat menghemat waktu, pasien tidak perlu datang ke tempat terapis berada.
2.  Dapat dilakukan dimana saja

Kekurangan
Adanya kemungkinan kurang dapat memberikan terapi atau solusi yang tepat bagi pasien karena lebih baik bertemu secara langsung karena terapis dapat melihat dan merasakan langsung apa yang dialami pasien. Jika hal ini tidak tepat, maka akan menambah masalah yang lebih panjang bagi pasien

Contoh psikoterapi online adalah:
1. Perangkat lunak ini disebut ELIZA, adalah sebuah program perangkat lunak yang ditulis oleh Joseph Weizenbaum di 1960 untuk meniru komunikasi seorang terapis. Ini adalah contoh pertama dari komputer dimediasi interaksi menggunakan bentuk yang sangat sederhana dari psikoterapi.
2. E-Terapi, adalah sebuah modalitas psikoterapi baru yang menyediakan klien cara mengakses seorang profesional kesehatan mental secara online. E-terapi yang sering dilakukan melalui komunikasi e-mail dengan terapis,hal ini juga dapat termasuk chat dan koferensi video, meskipun ini kurang sering digunakan. Juga disebut sebagai terapi online.
Dari kedua contoh yang disebutkan diatas mungkin belum menjadi hal yang biasa bagi masyarakat karena kurang tersebarnya informasi mengenai psikoterapi via internet tersebut. Salah satu website terapi psikologis untuk depresi berbahasa Inggris www.moodgym.anu.edu.au 



Daftar Pustaka :
http://jovitahandaru.blogspot.co.id/2015/01/psikoterapi-psikologi-klinis-dalam.html
https://parksunyeol.wordpress.com/2015/01/10/psikoterapi-psikologi-klinis-dalam-internet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar